Senin, 21 Januari 2013

Fenomena Unik Snow Roller

Diposting oleh Unknown di 22.49

Salju? Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kalimat itu? Bola salju, putih, dingin, dll. Ternyata ada fenomena unik yang terjadi pada salju. Oke langsung aja! Cekidddoooott ......


Alam bisa menciptakan gulungan salju seperti manusia suka membuat bola salju. Bedanya, pada gulungan salju berbentuk silinder dan tengahnya berongga. Bagaimana ini bisa terjadi?

Gulungan salju atau snow roller adalah fenomena alam yang terjadi karena tingginya kecepatan angin meniup dataran salju, biasanya tergantung pada halusnya permukaan salju. Kepingan-kepingan salju ini akhirnya membentuk gulungan-gulungan seperti roti gulung.





Sumber:amusingplanet


Sebuah snow roller adalah fenomena meteorologi jarang terjadi di mana bola salju besar yang terbentuk secara alami sebagai potongan salju ditiup di sepanjang tanah oleh angin, mengambil materi sepanjang jalan, dalam banyak cara yang sama bahwa bola salju besar yang digunakan dalam manusia salju yang dibuat.
Tidak seperti bola salju yang dibuat oleh orang-orang, rol salju biasanya berbentuk silinder, dan sering berongga karena lapisan dalam, yang merupakan lapisan pertama untuk membentuk, lemah dan tipis dibandingkan dengan lapisan luar dan dapat dengan mudah terpesona, meninggalkan apa yang tampak seperti gulungan donat. Snow roller telah terlihat tumbuh sebesar dua meter dengan diameter.
Kondisi berikut ini diperlukan untuk membentuk snow roller:
Tanah harus ditutupi oleh lapisan es yang salju tidak akan menempel.
Lapisan es harus ditutupi oleh basah, salju longgar dengan suhu di dekat titik leleh es.
Angin harus cukup kuat untuk menggerakkan snow roller, tetapi tidak cukup kuat untuk meniup mereka terlalu cepat.

Atau, gravitasi dapat memindahkan snow roller seperti : ketika bola salju, seperti yang akan jatuh dari pohon atau tebing, tanah di atas bukit curam dan mulai menggulung ke bawah bukit.
Karena kondisi terakhir, snow roller lebih sering terjadi di daerah perbukitan. Namun, sifat yang tepat dari kondisi yang dibutuhkan membuat mereka (snow roller) menjadi fenomena yang sangat jarang terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

So Wow!!! Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting